Yamaha Implementasikan Instruksi Kemendikbud

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meresmikan kelas khusus Yamaha tentang Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) grade A pada jurusan otomotif, di SMK Al-Falah di Desa Cibalanarik Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya, Jalan KH Ahmad Faqih Kebon Kalapa, Kamis (13/12/2018).
General Manager (GM) After Sales dan Motor Sports PT YIMM, M. Abidin mengatakan, dengan diresmikannya kelas khusus TBSM dengan grade A ini diharapkan mampu mencetak lulusan terbaik di SMK-Alfalah yang siap kerja.
"Dengan pelatihan menggunakan standarisasi Yamaha Technical Academy (YTA) level bronze yang dilaksanakan di kelas khusus ini, tentu saja diharapkan menghasilkan output yang siap kerja dan handal," kata M. Abidin.
Ditambahkan, selain meresmikan kelas khusus Yamaha, pihaknya juga memberikan pelatihan baik kepada guru maupun siswanya, sesuai dengan kurikulum baru berdasarkan standar kerja kompetensi nasional Indonesia.
“Kurikulum ini ke depan akan dinasionalkan. Artinya kurkulum ini nantinya bukan milik SMK Al-falah atau sekolah binaan Yamaha saja. Kami sudah sepakat dengan Kementerian pendidikan dan kebudayaan, tenaga kerja dan perindustrian agar kurikulum ini dinasionalkan,” ujarnya.
Bagi Yamaha sendiri kata dia, melalui kerjasama dengan melakukan binaan terhadap SMK ini adalah, menciptakan entrepreneurship. meskipun tidak menutup kemungkinan sebagian lulusan ini bisa menjadi SDM yang bekerja di jaringan Yamaha.
"Sebanyak 718 SMK se-Indonesia sudah menjadi binaan Yamaha dan 49 SMK di antaranya sudah masuk grade A. Untuk Jawa Barat ada 5 SMK termasuk SMK Al-Falah ini," ungkapnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan, seiring dengan anjuran pemerintah bahwa industri diwajibkan bekerja sama dengan SMK, sejak tahun 2003, Yamaha sudah berperan aktif dengan melakukan kerjasama itu. Alhasil Yamaha telah mendapatkan penghargaan dari Kemendikbud dan Menko Perekonomian RI.
Yamaha juga, memberikan donasi kepada SMK binaan. Untuk grade C diberikan bantuan mesin, grade B diberikan unit motor Yamaha. Dan untuk SMK Al-Falah yang grade nya A, diberikan fasilitas laboratorium dengan standar Yamaha Training Center.
Sumber:psmk

Post a Comment

0 Comments